Cara membangun brand bukanlah hal sepele. Dalam mengembangkan suatu bisnis, terlebih lagi dalam dunia digital, berikut teknik membangun kualitas brand yang tepat untuk bisnis Anda.

Dalam mengembangkan suatu bisnis, terlebih lagi dalam dunia digital, sebuah brand menjadi salah satu faktor penting dari banyak faktor penting lainnya yang akan mempengaruhi kemampuan bertahan dan tumbuhnya bisnis Anda hingga masa depan.

Dengan menguasai cara membangun brand akan membantu mendapatkan target sehingga dapat mengubah para target tersebut menjadi customer.

Mengapa Membangun Brand Menjadi Hal Penting?

Apabila bisnis yang sudah lama dirintis, tetapi ternyata hasil yang didapatkan tak ada perkembangan dan tak mengalami peningkatan, itu bisa jadi pertanda bisnis yang tidak memiliki brand yang kuat.

Jika hal itu terjadi, maka perlahan tapi pasti bisnis akan terus menurun. Sebaiknya segera ambil langkah untuk mengatasi hal tersebut.

Teknik Membangun Brand Bisnis yang Tepat

Ok mari kita lanjutkan. Membangun brand tak terjadi dalam satu malam maupun dalam hitungan bulan. Membangun sebuah brand jelas merupakan suatu proses yang cukup panjang. Upaya berkelanjutan akan menghasilkan hubungan yang bersifat jangka panjang dengan para pelanggan Anda.

1. Tentukan Audiens

Salah satu langkah utama dalam membangun brand yakni berawal dari menentukan target audiens yang akan Anda fokuskan. Anda tidak dapat menjadi segalanya untuk semua orang, bukan?

Saat membangun brand, ingatlah siapa sebenarnya yang Anda ingin jangkau. Anda harus menyesuaikan misi serta pesan Anda demi memenuhi kebutuhan mereka yang sebenarnya.

Cari tahu perilaku serta gaya hidup terperinci dari target konsumen Anda, misalnya ibu rumah tangga, penggemar gadget, kaum muda yang belum berumah tangga, para professional eksekutif, wanita muslimah dan sebagainya.

Dengan menentukan target secara spesifik dapat membantu memastikan Brand Anda terlihat jelas atau menonjol. Mengidentifikasi target audiens juga akan membantu anda dalam menentukan layanan serta cara pemasarannya.

Menentukan target audiens yang tepat juga akan mendukung strategi pemasan keseluruhan brand Anda secara digital. Jadi penentuan target ini jelas merupakan langkah pertama yang penting!

Salah satu cara untuk melakukan hal ini bisa dengan menggunakan Bisnis Model Canvas. Business Model Canvas (BMC) biasa digunakan oleh startup yang akan memulai bisnis atau bisnis yang sudah berjalan dan ingin memetakan bisnisnya.

2. Cari Tahu Siapa Kompetitor Anda

Cari tahu pula tentang kompetitor potensial Anda yang menjual jenis produk seperti produk Anda. Dengan langkah membangun brand ini, Anda bisa sekaligus mempelajari siapa saja audiens yang sedang mereka targetkan.

Beberapa cara yang akan membantu Anda mencari tahu tentang kompetitor, antara lain :

Manfaatkan Google, menggunakan keyword pencarian yang sekiranya berhubungan dengan jasa atau produk yang akan Anda jual.

Mencari informasi sebanyak-banyaknya melalui forum.

Intiplah akun sosial media yang relevan terkait brand yang hendak Anda bangun, lalu ketahuilah demografis para pengikut kompetitor Anda.

Langkah membangun brand dengan mengetahui kompetitor, Anda tidak boleh meniru apa yang dilakukan oleh kompetitor brand besar. Tetapi, Anda harus menyadari apa saja yang mereka lakukan dengan baik atau dimanakah mereka pernah gagal. Tujuannya adalah membedakan brand Anda dari kompetitor dan meyakinkan calon customer untuk membeli produk dari Anda atas mereka!

3. Tentukan Karakteristik Brand

Anda harus menentukan fokus dan misi terlebih dahulu.

Menentukan fokus atau misi merupakan salah satu langkah membangun brand Anda. Dan ini juga sesuatu yang penting sebab akan berpengaruh terhadap keseluruhan proses membangun brand.

Jadi, pada siapakah Anda memberikan value? Kebutuhan bidang apakah yang akan disasar oleh brand milik Anda? Seperti apakah cara mengantarkan value brand Anda?

Pertanyaan-pertanyaan itu seharusnya Anda jawab agar mendapatkan arah jelas berkaitan dengan fokus brand milik Anda. Selanjutnya secara perlahan fokus itu akan membantu menciptakan karakteristik brand Anda.

Tentukan pula karakteristik brand dengan memikirkannya bagaimana penampilannya? Seperti apa cara membuat audiens tertarik dengannya? Sekaligus tentukan seperti apakah penampilan digital creative-nya, baik tulisan maupun desain.

Segala sesuatu dari logo hingga tagline brand Anda harus mencerminkan fokus dan misi, karena ini bagian dari langkah membangun brand. Contohnya membangun brand Nike dengan misi awal Nike adalah membawa inspirasi serta inovasi kepada seluruh atlet dunia.

Dan seperti yang Anda lihat hingga kini, Nike di mana-mana dengan fokus pada seluruh jenis atlet sebagai pengguna produk Nike.

Selanjutnya Nike lebih jauh melangkah dengan misi mereka yakni menambahkan footnote “Jika Anda mempunyai tubuh, maka Anda merupakan seorang atlet”. Coba Anda bayangkan berapa luasnya target audiens Nike dengan penafian seperti itu!

Oleh karena itu, mulailah dari yang kecil dengan branding Anda sendiri, dan ingatlah untuk fokus pada target audiens Anda terlebih dahulu. Seiring waktu, loyalitas konsumen terhadap brand Anda akan semakin tumbuh dan memperluas jangkauan.

4. Uraikan Kualitas dan Manfaat yang Ditawarkan

Selalu akan ada brand dengan anggaran yang lebih besar. Selain itu, memiliki lebih kaya sumber daya di industri mereka. Lalu bagaimana dengan produk, layanan, dan manfaat brand milik Anda?

Dalam langkah membangun brand, Anda sebaiknya menggali lebih dalam lalu mencari tahu tentang apa yang Anda tawarkan serta apa yang tidak ditawarkan pada orang lain.

Pastikan Anda mengetahui apa yang paling diminati dari brand Anda, karena penting mengetahui nilai yang diberikan dari bisnis Anda. Fokus pada kualitas serta manfaat yang akan menjadikan branding Anda menjadi unik.

Dengan asumsi bahwa Anda tahu dengan persis siapakah para target audiens, beri alasan untuk calon customer memilih brand milik Anda daripada brand yang lain.

Pikirkan tentang bagaimana Anda memberikan nilai yang akan meningkatkan kehidupan konsumen. Berikut ini beberapa contoh :

Anda menawarkan layanan pelanggan yang lebih baik Produk atau jasa Anda lebih baik dalam mendukung produktivitas Produk atau jasa Anda mengurangi biaya yang harus dikeluarkan konsumen dengan opsi yang lebih terjangkau Produk atau jasa Anda lebih menghemat waktu untuk tugas sehari-hari

5. Nama, Slogan dan Logo

Langkah membangun brand selanjutnya, sebagai pemilik usaha, nama brand akan menjadi komitmen penting dan harus ditetapkan di awalnya.

Nama akan berpengaruh terhadap pembuatan logo, pendaftaran brand agar diakui Negara bahkan dunia serta berkekuatan hukum. Selain itu, bepengaruh pula dalam penentuan domain website dan marketing.

Buatlah brand yang tak mudah ditiru pihak lain, unik serta mudah diingat. Pilihlah nama yang mempunyai arti luas jika Anda berencana mengekspansi bisnis dengan banyak jenis produk.

Slogan catchy, mampu mewakili misi dan visi merupakan salah satu yang harus dimiliki. Slogan singkat yang mampu mendeskripsikan brand Anda lebih mudah dikenali sebagai identitas brand Anda.

Sedangkan logo, akan ada banyak orang yang mengenal brand Anda melalui logo, sehingga logo brand Anda juga harus unik dan mudah diingat.

6. Biarkan Brand Anda Terus Berkembang

Pelanggan tidak mencari brand lain yang menawarkan produk atau jasa yang sama. Pelanggan pasti akan mencari pengalaman disesuaikan kebutuhan mereka dan tentunya lebih baik, didukung interaksi pribadi tulus.

Jadikan kepribadian brand milik Anda menonjol di setiap aspek langkah pembangunan brand.

Konsisten dengan kepribadian brand dan biarkan terus berkembang. Pastikan bahwa brand Anda akan terus memberikan produk atau layanan terbaik, memiliki keunggulan dibanding yang lain dan hadir dengan cara unik.

Teknik Branding

Strategi Membangun Brand Dalam Bisnis Online

Langkah-langkah yang telah kita bahas di atas tentu harus diterapkan dengan baik. Nah, untuk menerapkannya diperlukan strategi jitu agar efektif dan efisien. Berikut ini beberapa strategi yang patut anda coba dalam membangun brand.

1. Manfaatkan Social Media

Sosmed (Social media) menjadi strategi pertama yang merupakan cara membangun brand dalam dunia maya. Hal ini sudah menjadi cara umum untuk menjalin hubungan dengan para calon pelanggan.

Pengorbanan waktu akan menjadi hal yang pasti. Namun waktu Anda yang tersita akan menjadi investasi di sosmed dan akan terbayar dengan customer yang berdatangan.

Ada hal yang seharusnya Anda sadari, bahwa berbagai macam orang telah menggunakan dan terhubung dengan platform sosmed dan apabila Anda tak menggunakan kesempatan tersebut, maka Anda bisa kehilangan jangkauan.

Apabila Anda terlalu sibuk dan tidak mempunyai waktu untuk berkutat berjam-jam di sosmed, ada baiknya untuk mengambil alternative menyewa asisten virtual maupun sosmed manager yang akan bekerja full time mengurus bisnis Anda.

2. Aktif di Sosial Media YouTube

Apabila bicara mengenai YouTube, Anda diharuskan membuat saluran atau channel sendiri, lalu mengirimkan video yang berkualitas dan unik secara rutin agar brand Anda dapat terbangun melalui YouTube. Tujuan pembuatan video dan mempromosikannya melalui YouTube yakni untuk mengumpulkan calon customer.

Video unik dan berkualitas akan menciptakan kesan tersendiri dan menjadi salah satu strategi marketing. Setelah menggaet banyak follower, maka Anda bisa dengan mudah memviralkan video berisi brand Anda dan otomatis YouTube akan memasarkan brand Anda.

Apabila Anda memiliki website atau blog, maka Anda sangat dianjurkan untuk menyisipkan link ke akun YouTube Anda dan di kolom deskripsi setiap halaman video Anda.

3. Gunakanlah Press Release (Web Official)

Cara membangun brand selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan menggunakan tehnik press release berkualitas. Dengan demikian Anda dapat masuk ke dalam berita Google. Pastikan pula, Anda mempunyai beberapa macam berita agar dijadikan report sebab itulah tujuan utama press release.

Apa alasan metode press release ini dapat menjadi sangat efektif? Sebab sangat banyak orang yang membaca berita secara online.

Tak hanya itu, press release artikel Anda juga berpotensi disebarkan oleh banyak orang sehingga membantu memberikan kenaikan traffic terhadap website Anda dan berdampak pada peningkatan jumlah pengikut social media Anda.

4. Bangun Sebuah Otoritas

Salah satu cara membangun brand yakni membangun otoritas terhadap website atau blog yang Anda kelola, dengan menjadi ahli pada niche Anda. Bagaimanakah cara melakukannya?

Cukup sederhana, Anda perlu menunjukkan kepada para pembaca bahwa mereka membaca website seorang Ahli yaitu Anda. Seorang ahli sudah tentu harus mengetahui jelas tentang apa yang sedang bicarakan olehnya.

Dengan begitu, Anda wajib menulis postingan yang berkualitas dalam blog atau website Anda.

Langkah terbaik membangun otoritas yakni melakukan research serta update pengetahuan terhadap bisnis yang Anda geluti sehingga Anda bisa memberikan informasi relevan pada readers yang berkunjung dan menjadi follower Anda. Kemudian sekian persennya pasti akan menjadi customer Anda.

5. Memberi Barang Gratis

Cara membangun brand online berikutnya ialah dengan memberi sesuatu kepada calon customer maupun customer secara gratis.

Bentuk beberapa ide item gratisan misalnya versi trial produk yang Anda tawarkan, layanan gratis satu kali, gratisan e-book, beli 2 gratis 1 dan ide gratisan lainnya. Menarik para calon customer dengan umpan gratisan dapat membantu Anda untuk membangun brand.

Ada lagi salah satu yang sedang tren saat ini yaitu giveaway. Memberikan produk atau layanan gratis dengan syarat para followers Anda membuat postingan yang berisi iklan mengenai produk Anda ke social media milik mereka.

Atau syarat lain seperti followers Anda harus bisa mengajak teman-teman mereka bergabung menjadi followers bisnis Anda.

Apabila bisnis Anda dalam wujub barang fisik, maka penting untuk memasang brand Anda pada kemasan produk agar customer selalu ingat tentang brand Anda, dan ketika mereka akan membeli lagi, maka produk Anda yang akan mereka cari.

6. Menggunakan PPC Advertising

Cara membangun brand online menggunakan PayPerClick atau PPC ini mungkin merupakan metode yang termasuk mahal. Namun cukup efektif untuk menjaring traffic yang Anda targetkan berkunjung ke website Anda.

Para pebisnis berkelas menggunakan PPC sebagai salah satu cara membangun brand online mereka dan membawakan hasil terbaik.

Apabila Anda telah mempunyai budget PPC dalam rangka meng-campaign website atau blog Anda, maka sebaiknya lakukan sekarang juga.

Namun Anda perlu mengetahui, bahwa langkah PPC membutuhkan research serta pengetahuan mengenai layanan sejenis Google Adwords. Jangan sampai Anda membuang uang jutaan rupiah, namun hasilnya sia-sia.

7. Kirim Link ke Berbagai Social Bookmark

Langkah atau cara membangun brand online yang satu ini berpotensi besar karena dapat membantu website maupun blog produk Anda menjadi viral.

Beberapa Situs untuk bookmark sosial diantaranya StumbleUpon, Reddit, Digg, dan sebagainya. Situs untuk bookmark sosial akan membantu menarik traffic pengunjung dengan cepat.

Membangun Reputasi yang Kuat dalam Forum Relevan
Sebuah forum bisa membantu pebisnis untuk terhubung dengan para audiens yang sesuai target niche, dengan cara membangun reputasi baik di dalam forum tersebut.

Kemudian, sisipkan link website Anda di bagian signature. Langkah ini dapat efektif meningkatkan jumlah traffic Anda. Sebaiknya bergabung di dua forum teratas kemudian posting 5-10 kali setiap hari.

8. Spesifikan Audiens

Para pebisnis tidak bisa mengarahkan target traffic ke blog atau website apabila menulis postingan bagi audience secara luas.

Audience luas tak akan ajaib berubah jadi traffic sesuai ditargetkan. Oleh sebab itu, mulailah untuk menspesifikkan audience dalam niche dalam rangka mengarahkan jenis audience traffic yang hendak Anda tarik minat dan perhatiannya.

Apabila Anda mempunyai beberapa niche, hal tersebut akan lebih baik bagi situs website Anda, sebab bisa menarik jumlah pengunjung lebih banyak. Tujuan utamanya di sini ialah untuk memisahkan yang manakah audience yang punya kebutuhan cocok dengan jenis bisnis Anda dan manakah audience yang tidak cocok sama sekali.

Ibaratnya, Anda tidak mungkin akan menyampaikan link website Anda yang isinya seputar kegiatan reboisasi pada orang-orang yang gemar berbelanja online, sebab Anda tahu hal itu bisa sia-sia dan sama sekali tak berhubungan.


Jasa Pembuatan Web Bisnis dan Perusahaan

401XD Group adalah perusahaan yang memiliki spesialisasi dalam bidang teknologi, pengembangan software, kecerdasan buatan, internet, portal media online, digital marketing, teknologi finansial dan e-commerce di Indonesia.

401XD Group memiliki tim pengembang yang berfokus pada produk digital. Salah satu toko online yang telah diluncurkan adalah MC PROJECT OFFICIAL STORE.

MC Project official store berfokus pada pengembangan, produksi dan pendistribusian karya desain, artikel, script pemrograman, source code, software aplikasi, tools, plugin, tema, dan template.

"MC Project" atau "My Coding Project" adalah industri teknologi yang berfokus pada perancangan, produksi & pendistribusian software aplikasi berbasis desktop & mobile.

Hadir sejak tahun 2015 dengan nama "ProjectProgram". Sempat berhenti beroperasi di tahun 2018. Saat ini telah kembali dengan nama "My Coding Project" atau sering disebut "MC Project" yang mulai beroperasi pada awal 2020.

Pekerjaan MC Project berhubungan dengan penemuan & inovasi teknologi sistem informasi, dimana proses tersebut membawa ide dari hipotesis menjadi produk yang dapat digunakan atau dikembangkan.

Bekerjasama dengan para software engineer dan programmer di bidang machine learning, natural language processing, expert system & robotics digital automation tools.

Media Official

Diposting 13 Dec 2022, 06:51 AM. Ditulis oleh MC Project. Kategori Bisnis.