Di jaman yang serba digital ini, hampir semua bidang bisnis menggunakan internet, di sinilah pembuatan website sangat dibutuhkan untuk memudahkan dalam menjalankan promosi dan penjualan. Simak informasi selengkapnya mengenai website full custom di bawah ini.

Peranan Website

Seperti yang kita ketahui, saat ini tidak lagi efektif mempromosikan suatu barang atau jasa dengan cara konvensional, seperti membagikan brosur, leaflet atau banner.

Pasalnya saat ini masyarakat telah beralih ke media digital untuk mendapatkan informasi.

Dengan begitu bila Anda ingin mendapatkan banyak pembaca dan konsumen diperlukan website untuk mengenalkan, mempromosikan dan menjual produk Anda.

Di sinilah peranan website sangat diperlukan dalam mengembangkan bisnis Anda untuk mendapatkan banyak pembeli.


Bagaimana Website yang Baik dan Berkualitas?

Website yang baik dan berkualitas setidaknya memiliki 4 ciri seperti di bawah ini:

1. Website Responsive

Website yang baik dan berkualitas haruslah yang responsive. Artinya website itu bisa merespon tampilan website dan bisa diakses pada berbagai macam device pengguna, seperti pengguna mobile maupun pengguna desktop.

Dengan memiliki website yang responsive, maka tampilan website Anda pun akan tetap bagus bila diakses pada bermacam device pengguna. Dan kenyamanan pengguna menjadi tanggung jawab Anda sebagai pemilik dari website.

2. Desain dan Tampilan Simpel, Menarik & Mudah Digunakan

Website dengan design dan tampilan yang simpel dan menarik akan memberikan kesan yang baik dan bagus bagi pengguna website, bila dibandingkan design website yang terlihat rumit akan membuat pengguna malas buat mengaksesnya.

Di samping itu design website juga haruslah yang mudah digunakan. Karena tak semua pengguna website bisa langsung mengerti saat pertama mengakses website Anda.

Dengan Anda memiliki design website yang mudah diakses maka akan mempermudah pengunjung dalam menggunakan website Anda. Serta mengundang lebih banyak pengunjung.

Agar menghasilkan website yang simpel, menarik serta dan mudah diakses. Anda harus memperhatikan dalam penggunaan warna, tata letak / layout , dan juga teks yang mudah dibaca dan dimengerti oleh pengunjung.

3. Memiliki Konten yang Relevan dan Menarik Pengunjung

Salah satu ciri website yang baik dan berkualitas yaitu memiliki konten yang yang menarik, bagus dan relevan. Karena konten juga sangat berperan besar dalam mensukseskan website Anda.

Buatlah konten dengan SEO friendly, karena konten SEO juga mempengaruhi dalam rating website Anda pada mesin telusur.

Anda harus mampu membuat konten yang menarik dan relevan di website Anda. Hal ini juga akan menarik dan menambah pengunjung ke website Anda.

4. Kecepatan Website Dioptimalkan

Setiap pengguna internet tentunya ingin mengakses website dengan cepat yang ditandai dengan loading yang tidak terlalu lama. Loading yang terlalu lama tentu akan membuat pengunjung bosan dan tidak nyaman dalam mengakses website Anda.

Kecepatan dalam mengakses website Anda tentu akan menjadi perhatian pengunjung website Anda.

Agar pengguna website Anda bisa lebih cepat mengakses website. Maka perhatikan size pada setiap items yang dimasukkan ke website, seperti misalnya jangan memasukkan video dan gambar dengan size terlalu besar.

Apa Saja Syarat Pembuatan Website?

Untuk syarat dalam pembuatan website dengan domain TLD com, org, info dan biz, biasanya syaratnya adalah dengan melampirkan data seperti ini:
  • Nama pemilik website bisa perorangan, usaha atau instansi
  • Profil lengkap mengenai pemilik website
  • Kontak yang akan dicantumkan dalam website seperti alamat email, alamat tinggal, nomor telepon / HP
  • ID media sosial yang ingin di cantumkan misalnya facebook, instagram, twitter dan sebagainya
  • Artikel, konten atau produk yang akan ditampilkan pada websiteGambar atau video yang akan dimasukkan dalam website
Sedangkan bila Anda ingin membuat website dengan domain ID seperti .web, .id, .or.id, .co.id, ac.id, .biz.id maka akan membutuhkan syarat khusus seperti data KTP, NPWP atau data-data lainnya.

Tips Untuk Keamanan Website

Bila Anda telah memiliki website berikut kami berikan beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam mengamankan tempat bisnis Anda

1. Membuat Keamanan Bertingkat Pada Website Anda
Cara efektif untuk mengamankan website Anda adalah dengan membuat keamanan yang bertingkat.

Anda harus memastikan bahwa platform host telah memiliki perlindungan di berbagai tingkat, dan di beberapa aplikasi seperti contact form, search tools, dan login field.

2. Gunakan Sistem Verifikasi Alamat
Bila website anda melibatkan pembayaran, Anda harus pastikan sudah menggunakan fitur sistem verifikasi alamat.

Fitur ini fungsinya untuk mencocokan alamat penagihan yang dimasukkan pelanggan dengan yang tertera pada kartu kredit.

Dan nantinya, AVS akan otomatis memisahkan transaksi yang sah dari upaya penipuan. Dengan begitu upaya penipuan pun tidak akan terjadi.

Bagaimana Cara Membuat Website?

Untuk pembuatan website sendiri Anda bisa gunakan jasa pembuatan website yang berkualitas. Selengkapnya baca artikel berikut ini jika Anda ingin membuat website toko online: Menentukan Jasa Pembuatan Web Terbaik

Berikut kami berikan tips memilih jasa pembuatan website yang profesional dan berkualitas.

Menganalisa Web Penyedia Jasa Pembuatan Website
Saat Anda mencari dan menemukan jasa pembuatan website yang berkualitas dan profesional, Anda harus melakukan analisa atau pengamatan terhadap web penyedia jasa pembuatan website tersebut.

Dengan begitu, Anda akan mendapat informasi lengkap dan detail mengenai tim dalam website tersebut. Apakah mereka berkompeten dalam menghandle website Anda atau tidak.

Bila website yang menyediakan jasa layanan tersebut kurang menarik dan tidak profesional, maka bagaimana mungkin mereka mampu membuat website Anda dengan bagus dan baik bila website milik sendiri saja tidak diperhatikan.

Selain itu Anda juga harus memperhatikan company profile, portofolio dan pengalaman dari jasa layanan pembuatan website tersebut.

Sebuah jasa penyedia layanan pembuatan website yang profesional dan berkualitas pastinya akan menunjukan bagaimana company profile nya, termasuk mencantumkan kontak website yang valid.

Menyediakan Layanan Konsultasi dan Garansi
Sebuah penyedia jasa pembuatan website bukan hanya menerima pesanan pembuatan website tapi mereka juga menerima jasa konsutasi dalam membuat dan mengembangan website Anda.

Selain itu jasa layanan tersebut juga harus memberikan garansi dalam waktu tertentu, sehingga bila terjadi kesalahan atau error dalam penggunaan website Anda maka akan segera diperbaiki.

Pilihlah Jasa Pembuatan Website Yang Memiliki Reputasi Baik
Cara mengetahui apakah jasa pembuatan website yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik atau tidak adalah dengan melihat review baik serta memiliki legalitas yang sudah diakui.

Memberikan Fasilitas Website Maintenance
Anda juga harus memastikan, Anda akan mendapatkan fasilitas bagaimana caranya merawat dan mengembangkan website (website maintenance). Terlebih apabila Anda sebagai pengguna baru yang belum paham cara merawat sebuah website.

Rekomendasi Jasa Pembuatan Situs Web

401XD Group adalah perusahaan yang memiliki spesialisasi dalam bidang teknologi, pengembangan software, kecerdasan buatan, internet, portal media online, digital marketing, teknologi finansial dan e-commerce di Indonesia.

401XD Group memiliki tim pengembang yang berfokus pada produk digital. Salah satu toko online yang telah diluncurkan adalah MC PROJECT OFFICIAL STORE.

MC Project official store berfokus pada pengembangan, produksi dan pendistribusian karya desain, artikel, script pemrograman, source code, software aplikasi, tools, plugin, tema, dan template.

"MC Project" atau "My Coding Project" adalah industri teknologi yang berfokus pada perancangan, produksi & pendistribusian software aplikasi berbasis desktop & mobile.

Hadir sejak tahun 2015 dengan nama "ProjectProgram". Sempat berhenti beroperasi di tahun 2018. Saat ini telah kembali dengan nama "My Coding Project" atau sering disebut "MC Project" yang mulai beroperasi pada awal 2020.

Pekerjaan MC Project berhubungan dengan penemuan & inovasi teknologi sistem informasi, dimana proses tersebut membawa ide dari hipotesis menjadi produk yang dapat digunakan atau dikembangkan.

Bekerjasama dengan para software engineer dan programmer di bidang machine learning, natural language processing, expert system & robotics digital automation tools.

Media Official

Diposting 13 Dec 2022, 06:37 AM. Ditulis oleh MC Project. Kategori Layanan.